Riwayat Diri, Cita-cita dan Geologi

13 Dec 2015 at 2:39 am Leave a comment

By Syam

Sebuah Passion

“Bagi saya pribadi, istilah geologi tidaklah begitu asing, saya sudah mengerti arti “Geo” dan “logos” sejak pada pendidikan dasar, kelas 4 waktu itu, mungkin karna saya sangat menyukai Geografi, ditambah acara TV waktu itu “Discovery Channel, National Geographic, dan acara-acara sejenis yang saya tidak hapal namanya, telah banyak menampilkan objek geologi dengan segudang masalahnya. Banyak ilmu lain saya mulai tertarik dan membuka wawasan saya waktu itu seperti Biologi, astronomi, bahkan sejarah. Jika harus memilih maka geografi adalah yang paling saya sukai. Waktu itu kelas satu SMP, saya ingat betul ketika pelajaran Konseling meminta untuk menuliskan data diri dan cita-cita dalam selembar kertas tulis. Sedikit ragu-ragu untuk menulis cita-cita, berpikir sejenak mulai dari hobi gambar menjadi pelukis, hobi menulis menjadi seorang penulis. Saya mulai berpikir tentang acara-acara TV yang dulu sering saya tonton hingga akhirnya membuat saya berani menulis kolom cita-cita, Sambil memikirkan kata yang tepat dan sayapun menulis ingin menjadi seorang ilmuwan. Lamanya saya berpikir ternyata membuat teman semeja penasaran dan merebut paksa selembar kertas hingga kusut hampir sobek, entah kenapa rasanya malu jika yang lain tahu apa yang sudah saya tulis dalam kertas itu. Tak lama dia tertawa sambil meledek dan meberitahu teman-teman lainnya, saya sendiri bingung apa yang mereka tertawakan, apa ada yang lucu, entahlah.

Tiga belas tahun berlalu, sayapun tak percaya sekarang ini saya memang mengikuti jalur itu. Bekerja sebagai seorang geologist adalah bagian kecil dari perjalanan karir yang sudah saya tulis. Masalahnya bekerja di perusahaan kontraktor tambang yang cukup besar ini bukan apa yang saya inginkan. Teman-teman banyak yang mengatakan idealisme itu masa lalu, tapi ada yang sebagian mendukung untuk mengejar passion yang sebenarnya. Hidup hanya sekali, jika tidak dimulai dan mencobanya apakah memang bisa cita-cita itu dapat diraih?. Pada kenyatannya, Saya terlalu banyak bertanya dan berteori, berpikir terlalu dalam dan berusaha berontak dari aturan dan standar komersil yang perusahaan inginkan, Perusahaan bersifat praktis dan cepat, kadang seperti robot, masuk pagi pulang sore, dan jika harus bercerita di depan kelas seperti waktu SD dulu? apa yang saya kerjakan seharian ini? emmm skip saja, saya mau istirahat besok kerja…..

Saya mulai berpikir riset adalah maksud dari kata “ilmuwan yang saya tulis 12 tahun yang lalu. Hingga saat ini saya masih menjalani peran yang membimbangkan, saya berencana untuk bertahan, menabung banyak-banyak, suatu saat gelar Master lanjut ke doktor harus saya dapat, satu tahun dari sekarang, dua tahun dari sekarang, saya harus mulai.

 

Continued…

Entry filed under: Uncategorized.

Mengenal Sosok J.A. Katili, Bapak Geologi Indonesia Ayo Masuk Teknik Geologi

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

December 2015
M T W T F S S
« Dec   Aug »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


