Mengenal Forum Geosaintis Muda Indonesia (FGMI)

29 Aug 2016 at 3:50 am Leave a comment

logo-fgmiForum Geosaintis Muda Indonesia biasa disingkat FGMI merupakan wadah bagi para geologist muda Indonesia termasuk yang masih berstatus fresh graduated atau yang sedang merintis karir kegeologian. Bagi teman-teman yang sekarang masih berstatus mahasiswa, FGMI menjadi jembatan bagi teman–teman mahasiswa dengan Induk organisasi FGMI yaitu Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) dan berbagi kegiatan lainnya. Bagi kita yang ingin menambah jejaring dan menambah ilmu geologi khususnya, mari kita mengenal lebih dekat mengenai FGMI.

FGMI merupakan singkatan dari Forum Geosaintis Muda Indonesia yang beranggotakan pemuda-pemudi geosaintis Indonesia yang memiliki tiga visi yang sangat jelas dan visioner :

  1. Menjadi forum yang berperan terhadap pembentukan karakter, peningkatan kompetensi geosaintis Indonesia, sehingga dihasilkan pemuda Indonesia yang siap bersaing di era globalisasi
  2. Menjadi sarana untuk menjadi kaderisasi generasi penerus IAGI.
  3. Menjadi sebuah jembatan penghubung antara mahasiswa ilmu kebumian – geosaintis muda – profesional senior

FGMI berada di bawah naungan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) yang merupakan organisasi professional bagi para geologist yang memenuhi unsur pengalaman dan kompetensi. FGMI juga merupakan suborganisasi dari IAGI beserta Mayarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI), Forum Sedimentologiawan Indonesia (FOSI), dan Indonesian Society Petroleum Geologist (ISPG).

FGMI diresmikan pada tanggal 17 September 2012 pada saat Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) IAGI di Yogyakarta. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pun sudah cukup banyak diantaranya Experience Sharing and Knowledge, Fieldtrip, FGMI Goes to Campus, dan SM-IAGI. Khusus untuk  program Experience Sharing and Knowledge biasanya diadakan di Jakarta. Setidaknya satu kali dalam satu bulan. BIasanya diadakan di gedung-gedung BUMN atau pemerintah seperti Kantor ESDM, kantor Pertamina, SKK Migas, dsb. Program ini menghadirkan pembicara pprofessional dengan berbagai tema, biasanya selain menanggapi isu kebumian juga berbagi pengalaman tentang karir dan pekerjaan. Kegiatan ini dapat diikuti tanpa di pungut biaya namun tetap dibatasi pesertanya jadi harus cepat-cepat daftar kalau mau ikut.

Kebetulan saya kerja based di Jakarta, jadi beberapa kali kesempatan ikut program ini. Banyak manfaat yang di dapat, umumnya yang hadir anak muda-muda dari yang sudah kerja sampai yang masih bersatus mahasiswa, jadi bisa sharing dengan para professional sekaligus teman-teman peserta lainnya. Jadi memang terbukti bisa menambah wawasan dan jejaring. Selain itu bagian yang tak kalah menariknya adalah kita bisa melakukan tanya jawab langsung di forum FGMI. Untuk periode saat ini, FGMI diketuai oleh Aveliansyah.

Untuk lebih tahu banyak tentang FGMI kalian bisa baca buletin terbitan pertama FGMI September 2012. Ada link e-Book, bisa dibaca buat menambah wawasan tentang IAGI yang lebih lengkap, Berikut linknya:

Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan semangat untuk terus mempelajari bumi kita. Menyemangati pemuda untuk berkarya, mewadahi dan memfasilitasi, menjembatani para pemuda dengan para professional dan sudah tentu semakin membumikan geologi.

Salam

sumber : http://fgmi.iagi.or.id/

Advertisements

Entry filed under: Uncategorized.

My first Job As Young Geologist Arti Proses Bagi Geologist

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

August 2016
M T W T F S S
« Dec   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: