Dilema Kampus Riset, introspeksi

23 Sep 2016 at 8:01 am Leave a comment

Buat perguruan tinggi kita harusnya jadi introspeksi, dan memang sudah dilakukan daripada internal civitas akademika kita. tapi saya rasa sangat kurang massive, sangat kurang dana, sangat kurang sumberdaya, sangat kurang inovasi, dan sangat kurang lainnya. Disisi lain emang dunia riset dan inovasi di lembaga kampus termarjinalkan oleh program pemerintah. Apa alasannya? alasannya secara kasar saja dilihat dari dana riset, dari dana yang 0.0 sekian % dari PDB adalah bentuk ketikperhatian pemerintah dalam mendukung kampus. Dilema negara berkembang tapi lebih jauh dari itu sebenarnya karena pemimpin kita terlalu sibuk dengan politik dan urusan perut.

Tanyakan mana risetmu, tanyakan mana riset yang membebaskan masalah dengan kemudahan, tanyakan mana professor yang sibuk di laboratorium dan sekali keluar kandang adalah inovasi yang ngasih solusi, yang massive, yang mikir kalo neliti itu bukan formalitas, tapi investasi!, yang mikir kalo cuman terkungkung di Indonesia dengan lingkungan yang gini-gini aja gak kompetitif ya hasilnya gitu-gitu aja, Yang berusaha ngaplikasikan teori buat jadi produk, produk yang mikirin fungsi tapi juga desain, ajak anak muda biarkan mereka melihat orasimu, biarkan mereka makin semangat gak melulu apatis searasa anak ilang yang terbuang. Libatkan lintas ilmu buat nyari interkoneksi masalah. buat solusi dan buat produk yang mumpuni yang membuat perusahaan antri buat beli, yang petani jadi punya harapan, yang nelayan, yang insinyur, yang ngaku ahli lingkungan, dan yang yang lain yang menggantungkan harapan pada riset dan inovasi.

Bahkan kelak warisanmu bukanlah yang terlupakan tapi yang diingat sepanjang masa, yang diingat generasi bangsa yang akan datang yang dengan itu mereka bisa memandang riset itu penting. Pemerintah memang begitu entah sampai kapan begitu biarkan mereka tak mengakomadasi kalian tetapi mereka, pemerintah tetap memandang kalian, mereka ingin tapi mereka budak politik, siapa yang dilahirkan dari politik maka disitulah kepentingan, kepentingan yang dilema mana yang di dulukan, hiangga jika kalian, periset sebagai tulang punggung kampus lari ke luar teritori untuk mencari pengakauan, maka lakukanlah, bukannya tidak nasionalis tapi saya yakin suatu saat kalian akan dikenang, kalian jadi aset. Aset negara yangsiap sewaktu-waktu mengabdi jika pemerintah memang berubah dan siap melayani, dengan ngasih apapun untuk riset karena riset dan produk itu hubungan sebab akibat yang menjadi pengukur lahirnya peradaban yang maju.

Advertisements

Entry filed under: GeoDaily, GeoStudent, Isu. Tags: .

Musik Itu…. Frontal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

September 2016
M T W T F S S
« Aug   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: