Apakah Batu Bisa Ngomong?

21 Apr 2017 at 3:31 pm Leave a comment

Sore-sore Gw, Bagus, sama Itha ngumpul di balkon rumahnya  Itha, kebetulan rumah Itha itu tingkat terus agak tinggi “dikit”, jadi tempatnya “pas” buat sekedar ngintip pandangan yang lumayan luas. Sambil tereak “kopi-kopi” Itha dateng bawa teremos, gelas, sama kopi yang barusan beli di coffe shop depan kampus. Suasananya pas banget buat nikmatin idup bareng temen, walopun ada aja bunyi tang ting tung di hp yang gatel kalo gak dibuka dan di bales.

“Mana gulanya?” Tanya Bagus

“Ngapain pake gula, sekarang mah kopi gak pake gula, itu satu-satunya cara biar lo bisa rasain real taste-Nya kopi” Bales Itha

“Anjrit, pait banget” Bagus berkomentar

“Lomah tega, kebiasaan lo bukan kebiasaan kita ya” Sambung Gw

“Mau manis liatin muka gue gih!” seloroh Itha sambil nunjuk mukanya sendiri

“Uekkk!”

“hahahhah….” Gw ketawa aja liat muka Itha yang kepedean sama ekspresi Bagus yang kepaitan.

…………………..hening beberapa saat.

“Pernah gak sih lo pada mikir kalo batu itu bisa ngomong?” Pertanyaan si Bagus keluar gitu aja, rasanya jauh banget dari topik. Gataudeh kesambet ato ngga, mungkin beneran karna efek caffein yang bikin hormon epinephrine dan cortisol lebih aktif atau karena efek kepaitan doang

“ngomong?, nanggung amat, kenapa gak sekalian aja ngobrol, ngerumpi kya,ema-ema dipasar” Si Itha nyinyir nanggepin pertanyaan temen gw.

“Tiba-tiba ko lo nanya gitu, kesambet apa coba?” Timpal gw. Gw coba mastiin temen Gw beneran kesambet apa engga, kalau dia jawabnya serius berarti dia emang beneran nanya dan butuh penjelasan, sebaliknya kalo jawabannya ngelantur ya berarti tanda-tanda.

Dengan mimik yang keliatan lagi nginget2 sesuatu, Bagus coba jelasin “Gw pernah baca ada hadist kalo diakhir zaman nanti batu-batu itu nanti bisa ngomong lho!”

“ya Gw pernah baca juga si hadist itu, tapi balik lagi hadist itu meriwayatkan kalo batu itu bisa ngomong bahkan nangis itu pas zamannya Rasulullah SAW dan para sahabat, yang sudah tentu orang paling mulia kan. Hadist yang Lo omongin gak tau ngomong ama siapa, tapi itu kan pas akhir zaman nanti, kalo Lo mau ngebuktiin ya Lo mesti reinkarnasi ke masa itu ;P”

Itha lagi sibuk mainan HP komentarnya nyindir banget “Idup Lo penuh dosa gak cocok ngarep batu ngomong ke Lo”

“Kampret Lo, serius nih Gua”

“Menurut Gw si mindsetnya harus diubah dulu. Jangan menyamakan manusia dengan mahluk apapun. Manusia itu mahluk paling sempurna, dan pandangan manusia itu sifatnya subjektif dan ilmunya terbatas. Oke keep it in mind. Dari sini jelas saja, setiap mahluk selain manusia kalau dipikir bisa ngomong ya bisa, tapi jangan samakan dengan bahasa manusia. Teknik komunikasi setiap mahluk itu beda-beda dan karena ilmu manusia terbatas kita juga nggak tahu apakah mahluk selain manusia itu emang beneran bisa ngomong?. Di alam ada dua jenis benda hidup dan benda mati, yang ghaib jangan dulu dilibatin deh. Kalau benda hidup di bagi dua, Hewan dan tumbuhan atau flora dan fauna” papar gw nengahin

Itha yang masih sibuk mainan HP nyambung lagi “Nah diakan nanyanya “ngomong kan” berarti mesti ngeluarin suara kaya kentut gw barusan, Lo gak pada dengerkan, jangan protes ya cewe kentut itu emang gak boleh ada suaranya”

Iya bener itu cluenya, berbicara alias ngomong itu harus ngeluarin suara biarpun suaranya mines dB, kaya kentut barusan ada bau gak ada suara, jadi harus bedain antara berbicara sama komunikasi” Sambil nutup hidung, dan napas pake mulut Gw coba beri penjelasan. Temen Gw yang satunya ndeketin kopi ke idungnya.

“Berat euy, Gw coba buat ngerti” Bagus kaya terdakwa yang lagi di sidang ama satu tukang kompor sama seorang pencerah yaitu “Gw” ;P

“Kalau dari hasil penelitian, kelompok hewan itu umumnya bisa ngomong satu sama lain, terutama penelitian hewan yang gede-gede”

“Bener tuh, inget pelajaran SD. Anjing menggonggong, ayam berkokok” Sahut cewe yang barusan kentut ternyata masih nunjukin eksistensinya kalau dia ikutan nyimak, walau multi tasking bales chat di hpnya.

“Iya itu gw juga tau, inikan batu, yang notabene benda mati, bukan benda hidup, dan tiba-tiba bisa ngomong, kelar idup Lo”

“Professor yang udah khatam geologi aja belum ada yang nulis paper tentang batu yang bisa ngomong, mungkin nanti lo tulis papernya jadi bahan skripsi”

“Wah bener tuh, jadi bahan skripsi, nanti dosen pembimbingnya ada tiga, dua orang geologi, sama satu psikiater” Ujar Gw nimpalin.

“Udah ah” kompak bertiga reflek sambil liatin cewe Jurusan sebelah yang lebih ijo (anak teknik tau deh kaya apa habitatnya, ;P)

Kesimpulannya kita bertiga sama-sama setuju “nggak tau” kalo batu itu bisa ngomong apa nggak. Kami masih mahasiswa geologi, kami posisinya masi sadar kalau masi kroco. Kalo di jurnal elsevier aja belum ada yang ngebahas tentang “batu bisa ngomong” masa kami bahas gituan?.

Entry filed under: GeoDaily, GeoStudent, Uncategorized. Tags: , , , .

Menanggapi Isu Pemindahan Ibukota Geologist Dan Isu Pemindahan Ibukota

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

April 2017
M T W T F S S
« Sep   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Most Recent Posts


